Rumah Gadang Adalah Rumah Adat Daerah

Ciri khas rumah gadang adalah mempunyai keunikan dalam bentuk arsitekturnya dengan atap yang menyerupai tanduk kerbau yang terbuat dari bahan ijuk. Salah satu rumah adat sumatera barat adalah rumah gadang.

Rumah Gadang Wikipedia

Seperti rumah adat lainnya setiap bagian dari rumah gadang juga menyimpan makna filosofis yang erat kaitannya dengan budaya dan agama masyarakat setempat.

Rumah gadang adalah rumah adat daerah. Nama lain dari rumah adat gadang adalah rumah bagonjong rumah baanjuang dan rumah godang. Rumah ini adalah salah satu rumah panggung yang memiliki ukuran yang besar dan berbentuk persegi panjang. Pada dasarnya rumah ini adalah rumah adat suku minagnkabau yang juga memiliki sebutan lain yaitu rumah godang.

Jika rumah adat di daerah yang lain berukuran besar rumah adat papua barat memiliki ukuran yang minimalis dan tergolong sempit. Rumah adat gadang merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sumatera barat. Rumah gadang adalah nama untuk rumah adat minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di provinsi sumatera barat indonesia.

Rumah adat gadang merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sumatera barat. Rumah honai adalah rumah adat dari papua barat dengan bangunan yang cukup unik bagaikan jamur yang tersebar rata di seluruh desa. Rumah adat ini terbuat dari kayu dan jerami ilalang yang disusun rapi padat.

Seri lembar mewarnai gambar rumah adat nusantara kali ini adalah giliran saya upload gambar rumah gadang dari propensi sumatera barat yang beribukota padang. Adalah dalam upaya agar anak anak lebih mengenal adat daerah asli indonesia. Gambar mewarnai rumah gadang adat minangkabau sumatera barat.

Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama rumah bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama rumah baanjuang. Fungsi dari rumah gadang sendiri digunakan sebagai tempat tinggal keturunan matrilineal dan juga tempat melaksanakan ritual. Ciri khas rumah gadang adalah mempunyai keunikan dalam bentuk arsitekturnya dengan atap yang menyerupai tanduk kerbau yang terbuat dari bahan ijuk.

Rumah adat sumatera yang kedua adalah rumah adat sumatera barat atau rumah gadang. Bangunan adat tersebut juga sering disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama rumah bagonjong dan ada juga yang menyebutnya dengan rumah baanjuang. Nama lain dari rumah adat gadang adalah rumah bagonjong rumah baanjuang dan rumah godang.

Fungsi rumah gadang yang juga penting adalah sebagai iringan adat seperti menetapkan adat atau tempat melaksanakan acara seremonial adat seperti kematian kelahiran perkawinan mengadakan acara kebesaran adat tempat mufakat dan lain lain. Menengok bagian dalam rumah gadang fungsi utama rumah gadang adalah sebagai tempat tinggal bersama keluarga. Rumah adat gadang atau rumah godang adalah nama bangunan khas yang sering kita jumpai di daerah sumatera barat.

Untuk ulasan kali ini kami akan membahas tentang beberapa rumah adat dari sumatera barat khususnya jenis jenis rumah gadang.

Makna Ukiran Rumah Gadang Dari Tanah Minang

Rumah Gadang

Kementerian Pupr Revitalisasi Kawasan Adat Saribu Rumah Gadang

Pesona Negeri Seribu Rumah Gadang Regional Liputan6 Com

Rumah Gadang Rumah Tradisional Minangkabau Arsitag

Rumah Gadang Rumah Tradisional Minangkabau Arsitag

Langkah Kawasan Saribu Rumah Gadang Menjadi Warisan Dunia Regional

Keunikan Rumah Gadang Eldy 7

Bangunan Khas Sumatera Barat Rumah Gadang Nusantara Kaya

Free Download West Sumatra Rumah Adat Lombok Rumah Gadang House

Ada Yg Tahu Apa Nama Rumah Adat Daerah Padang Jawabanya Rumah

Rumah Gadang Terunik Di Indonesia Sari Bundo Masakan Padang

Rumah Gadang Rumah Tradisional Minangkabau Arsitag

Ayo Kenali Beragam Rumah Gadang Minangkabau Pasbana

Pesona Seribu Rumah Gadang Di Solok Selatan Viva

Rumah Gadang Di Minangkabau

Kapolda Papua Resmikan Rumah Gadang Di Merauke Tribrata News Papua

7 Keunikan Dari Padang Sumatera Barat Yang Perlu Anda Tahu

Rumah Gadang Anneahira Com

Architecture Tradisional Rumah Gadang Minangkabau Steemkr

Bangunan Yang Mengadopsi Arsitektur Rumah Gadang Dan Rumah

Rumah Adat Minangkabau Bagonjong Rumah Gadang Berserta

Rumah Adat Minangkabau Penjelasan Lengkap Dengan Penjelasannya

Rumah Gadang Hanya Untuk Perempuan Minangkabau Pesona Indonesia


0 Response to "Rumah Gadang Adalah Rumah Adat Daerah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel